Sabtu, 05 September 2009

Pikel Tomat (Lycopersicum esculetum) dengan Fermentasi.

Dalam klasifikasi tumbuhan, tanaman tomat termasuk kelas Dicotyledoneae (berkeping dua). Menurut Tugiyono (1995), secara botani mengklasifikasikan tanaman tomat secara sistematis sebagai berikut :
  • Clasis : Dicotyledoneae
  • Ordo : Tabiftocae
  • Family : Solanaceae
  • Genus : Solanum
  • Species : Lycopersicum esculetum

Komponen terbesar dari buah tomat adalah air, sedangkan kandungan protein, gula, abu dan asam rendah sekali. Menurut Cruess (1948), berdasarkan nilai gizinya tomat merupakan sumber vitamin A dan vitamin C.

Buah tomat full ripe berwarna merah seluruhnya dari keadaan buah masih keras, sedangkan buah tomat over ripe berwarna merah seluruhnya tetapi teksturnya lunak.

Menurut Khasanah (2005), cara pengolahan pikel tomat yaitu :

  1. Persiapan bahan baku : Tomat disortasi, dicuci, ditiriskan, dan diiris dengan ketebalan kurang lebih 0,8 cm.Kemudian dilakukan analisa kadar air dan gula total.
  2. Persiapanlarutan garam dan penambahan gula : Garam disiapkan dengan konsentrasi 10% atau sekitar 40 derajat salinometer,b lalu gula ditambahkan dengan konsentrasi tanpa variasi lalu diaduk dan dipanaskan hingga mendidih selama kurang lebih 5 menit dan kemudian disaring.
  3. Persiapan tempat : persiapan tempat fermentasi meliputi pencucian dan sterilisasi wadah dengan autoklaf selama 15 menit dengan suhu 121 derajat celcius.
  4. Proses pencampuran : Irisan tomat dimasukkan ke dalam wadah yang telah dipersiapkan tadi, selanjutnya larutan garam dituangkan.
  5. Waktu fermentasi : Setelah proses pencampuran dalam wadah ditutup dan difermentasikan selama 14 hari.

Daftar Pustaka :

Pujimulyani, Dwiyati., 2009.Teknologi Pengolahan Sayur-Sayuran dan Buah-Buahan, Graha

Ilmu, Yogyakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar